Berita

KEPALA KEMENAG KABUPATEN KONAWE TINJAU PEMERIKSAAN JAMAAH HAJI

Kamis, 30 November 2023 16:38 WIB
  • Share this on:

Inmas Konawe - Kepala Kantor Kementerian Agama, H. Ahmad Lita Rendelangi beserta tim dari Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah meninjau Pemeriksaan Calon Jamaah Haji (CJH). Kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, melalui Puskesmas Unaaha pada hari Kamis 30 Nopember 2023.

Proses keberangkatan CJH menuju tanah suci harus beberapa tahapan, salah satunya terkait dengan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan menentukan layak atau tidaknya CJH untuk melakukan pelunasan biaya haji dan keberangkatan ke tanah suci, selain itu pemeriksaan kesehatan ini juga bertujuan untuk memberikan perlidungan kesehatan bagi CJH selama berada di tanah suci.

Melihat perbedaan kondisi geografis dan cuaca di Arab Saudi yang sangat jauh berbeda dengan kondisi di tanah air, sehingga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Jamaah haji nantinya. Dengan mempertimbangkan hal tersebut maka perlu di adakan persiapan guna mengatasi masalah perbedaan kondisi tersebut. Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji ini dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama dilaksanakan di Puskesmas yang telah ditunjuk oleh dinas kesehatan untuk penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan dan dimaksudkan untuk mengetahui status kesehatan setiap calon jemaah haji sebagai seleksi awal, tahap kedua dilaksanakan setelah melihat hasil dari pemeriksaan tahap pertama yang nantinya akan dilaksanankan di Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) untuk mengecek kembali kondisi calon jamaah haji yang memiliki riwayat penyakit beresiko tinggi untuk menentukan apakah calon jamaah haji memenuhi syarat kesehatan guna menunaikan ibadah haji.

Editor:
Ridha
Kontributor:
JUM
Penulis:
Ridha
Fotografer:
Jum

Kalender

April 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -